Kualitas Pelayanan Publik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19


Abstract

karya tulis ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu metode penelitian yang berfokus untuk memberikan gambaran sifat tentang fenomena yang terjadi baik pada individu maupun kelompok. Teknik pengumpulan data pada penulisan ini menggunakan teknik kuisioner dan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 SMK Negeri 1 Geneng yang berjumlah 450 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil sejumlah 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 indikator Kualitas Pelayanan Publik Pada Pembelajaran Berbasis Daring di Masa Covid-19 di SMK Negeri 1 Geneng tahun 2021 menunjukkan indikator yang masuk kategori baik adalah responsibilty (responsibilitas) dan accountanbility (akuntanbilitas) dengan presentase masing- masing 36% dan 47%. Sedangkan indikator yang masuk pada kategori ragu- raggu adalah emphaty (empati) dan tangible (berwujud) dengan masing- masing presentase sebesar 58% dan 48%. Untuk indikator yang masuk pada kategori ragu- ragu dan tidak setuju adalah indikator assurance (jaminan) dan reliability (kehandalan) dengan presentase masing- masing sebesar 8% dan 29%. Untuk indikator yang masuk pada kategori tidak setuju atau kurang baik adalah indikator responsiviness (ketanggapan) dengan perolehan presentase sebesar 40%.

Downloads

Download data is not yet available.

Bergdahl, N., & Nouri, J. (2021). Covid-19 and Crisis-Prompted Distance Education in Sweden. Technology, Knowledge and Learning, 26(3), 443–459. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09470-6

Broadbent, D. J. (2017). Comparing online and blended learner’s self-regulated learning strategies and academic performance. 10(2), 2013–2016.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Lavandera-ponce, S. (2022). Techno-pedagogical accompaniment to Peruvian national universities during CO- VID-19 (Issue January).

Martín-Cuadrado, A. M., Lavandera-Ponce, S., Mora-Jaureguialde, B., Sánchez-Romero, C., & Pérez-Sánchez, L. (2021). Working methodology with public universities in peru during the pandemic-continuity of virtual/online teaching and learning. Education Sciences, 11(7). https://doi.org/10.3390/educsci11070351

Parasuraman, a, Zeithaml, V. a, & Berry, L. L. (1988). SERQUAL: A Multiple-Item scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(January), 28. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v2i1.748

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707

Samantha, R., & Almalik, D. (2021). Examining the Adoption of Emergency Remote Teaching and Virtual Learning During and After COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Management, 3(2), 1–18. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Statistik untuk penelitian. 1–14.

Tri, D. W., Fitri, D. A., & Milu, A. S. (2016). INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING (dalam Jaringan) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BANDOWOSO. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2–5.

Trisakti, F., Hidayat, A., Suparman, N., Ilmu, F., Politik, I., Islam, U., Uin, N., Gunung, S., Sgd, D., Ilmu, F., Politik, I., Islam, U., Uin, N., Gunung, S., Sgd, D., Islam, U., Uin, N., Gunung, S., & Sgd, D. (2019). Kebijakan?: Jurnal Ilmu Administrasi KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION ( RFId ) Kebijakan?: Jurnal Ilmu Administrasi. 10, 29–49.

UNESCO. (2020). COVID-19 y educación superior?: De los efectos inmediatos al día después. Unesco, 5–6. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/63937560/Educacion_Superior_y_Covid-19_en_la_Rep._de_Panama20200716-13711-13ary69-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1627752245&Signature=GhIPpZ600A5LxKIALKNJ5xjP1woiyBE5IEQ4-DPEF7pPcdRb-jcNp0IumJqq~8CesfLxqZwBK01xgz3WGY6

Uno., H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukuran. (p. 2010). Bumi Aksara.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: A critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362–375. https://doi.org/10.1177/009207002236911

Title Kualitas Pelayanan Publik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19
Issue: Vol. 24 No. 1 (2023): JURNAL SOSIAL
Section Articles
Published: Mar 30, 2023
DOI: https://doi.org/10.33319/sos.v24i1.197
Keywords: Kualitas pelayanan publik, pandemic covid-19, pembelajaran daring
Author
  • Febriana Wulandari
  • Harianto
  • Endang Murti